Intallasi BlankOn

  Beberapa hari lalu dapat Live CD BlankOn gratis dari teman di Surabaya.Terimakasih Mas Supriyadi sukses migrasi langsung saya posting disini untuk berbagi.
Bab ini membahas cara memasang BlankOn di komputer. Pemasangan BlankOn sangat mudah dilakukan jika Anda sudah memahami persiapan dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan. Pada bab ini, dibahas mengenai persiapan dan langkah-langkah melakukan pemasangan BlankOn.
Sebelum melakukan pemasangan, terlebih dahulu komputer Anda harus memenuhi syarat spesifikasi minimal agar BlankOn bisa berjalan dengan lancar.
Berikut adalah syarat spesifikasi minimal untuk BlankOn 6.0 :
  • Prosesor setara Pentium IV atau Celeron,
  • Memori RAM 256 MB,
  • Kartu Video atau VGA minimal memori 64 MB untuk efek desktop, dan
  • Harddisk dengan ukuran 6 GB. 
Untuk mendapatkan CD BlankOn, Anda bisa mengunduh image atau cetakan CD-nya dari situs  http://cdimage.blankonlinux.or.id. Berkas cetakan tersebut selanjutnya dibakar ke CD kosong menggunakan aplikasi pembakar CD seperti Brasero, K3b, Nero, Roxio, dsb.

Bagi Anda yang memiliki koneksi internet terbatas atau bahkan tidak memiliki koneksi internet sama sekali, jangan khawatir. Anda bisa membeli CD BlankOn melalui toko penjual CD/DVD Linux atau meminjamnya bahkan meminta dari teman yang telah memilikinya,seperti saya ini.

Persiapan menjelang pemasangan

Sebelum melakukan pemasangan BlankOn, lakukan beberapa persiapan seperti berikut:

  • 1.Persiapkan CD BlankOn sebagai bekal untuk proses pemasangan, baca kembali subbab sebelumnya untukBlankOn, pastikan CD dalam keadaan baik agar proses pemasangan lancar.mengetahui cara mendapatkan CD
  • 2.Backup atau buat cadangan dari data penting Anda ke media penyimpanan cadangan (seperti Flash Disk, Harddisk lain, CD/DVD) agar data Anda aman dan terhindar dari resiko kehilangan data.
  • 3.Tentukan skema partisi harddisk yang Anda inginkan. Partisi merupakan bagian ruang-ruang data yang terdapat di harddisk. Jika Anda ingin melakukan dual-boot (terdapat dua sistem operasi dalam satu komputer), Anda harus membuat partisi baru pada harddisk komputer yang nantinya akan digunakan sebagai tempat pemasangan BlankOn. Pembahasan lebih lanjut dijelaskan pada subbab tentang langkah pemasangan.  
  • 4.Pastikan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik. Hal ini untuk menghindari listrik yang tiba-tiba padam saat pemasangan dan menyebabkan terjadinya kerusakan fisik pada komputer (terutama harddisk). 
  • 5.Lakukan penyetelan BIOS agar komputer membaca CD terlebih dahulu untuk proses booting. Silahkan merujuk ke manual komputer atau motherboard Anda mengenai cara melakukan penyetelan ini. 
Sebelum memulai pemasangan, terlebih dahulu persiapkan partisi kosong untuk yang akan digunakan sebagai tempat pemasangan BlankOn. Misal di Windows, Anda mempunyai drive C dan D. Salin data yang ada di Drive D ke media lain (flashdisk, eksternal harddisk, atau harddisk lain). Drive D akan kita gunakan sebagai tempat instalasi BlankOn. Jika Anda mempunyai drive C, D, dan E. Anda bisa memindahkan data di drive E ke drive D, lalu drive E yang akan kita gunakan untuk instalasi BlankOn.

Memasang BlankOn melalui Live CD

Untuk pemasangan melalui Live CD, Anda harus mempersiapkan Live CD dari BlankOn 6.0 Ombilin. Masukkan CD tersebut ke dalam CD/DVD-ROM drive pada komputer Anda. Restart komputer Anda dan Anda akan melihat menu awal dari Live CD BlankOn 6.0 Ombilin, tekan tombol Enter untuk masuk ke modus Live CD, maka sistem operasi BlankOn 6.0 Ombilin akan mulai dijalankan melalui CD. Tunggu sebentar sampai desktop BlankOn 6.0 Ombilin muncul.

Kalau anda ingin mencoba dulu klik aja coba BlankOn tekan enter

[Selamat Datang]
Pada langkah ini, pilih bahasa pengantar yang ingin Anda gunakan dalam proses pemasangan. Setelah itu, klik tombol Forward
[Memilih Lokasi Anda]
Pilih lokasi tempat tinggal Anda pada peta yang disediakan. Kemudian, klik tombol forward.

[Susunan Papan Tik]
Pilih jenis papan tik (keyboard) yang Anda gunakan. Jenis papan tik yang umum digunakan di Indonesia adalah jenis Amerika Serikat (USA). Kemudian, klik tombol Forward

[Mempersiapkan ruang (partisi) Harddisk]
Disini, Anda akan memilih skema tata ruang partisi harddisk yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menghapus semua isi data dan partisi yang ada di harddisk, pilih mode [>Hapus dan gunakan seluruh cakram<]. Karena kita sudah mempersiapkan paritisi kosong,kita akan membuat partisi manual. Setelah itu, klik tombol Forward


Pilih ruang atau partisi kosong, lalu klik tombol Tambah, isi paramater seperti gambar. Ukuran partisi / bisa disesuaikan dengan kapasitas harddisk yang Anda miliki. Jangan lupa memilih Titik kait /. Titik kait / merupakan partisi sistem.




Isi nama lengkap anda, nama akun pengguna, dan sandi sesuai dengan yang Anda inginkan. Nama akun pengguna dan sandi akan Anda gunakan pada saat masuk ke sistem (login). Nama akun pengguna dan sandi ini juga akan memiliki hak administratif untuk melakukan pengaturan sistem secara mendalam. Jika Anda ingin masuk otomatis ke sistem tanpa perlu memasukkan id pengguna dan password, klik pada opsi [>Masuk secara otomatis<]. Selanjutnya, klik tombol Forward


[Migrasi data dan dokumen]
Jika Anda ingin memigrasikan data Anda dari sistem operasi lain yang sudah terinstal ke sistem operasi BlankOn yang akan di-instal, beri tanda centang pada nama sistem operasi yang ingin Anda migrasikan datanya, kemudian klik tombol  Forward


Jika Anda siap untuk melakukan pemasangan, klik tombol Forward. Maka BlankOn akan dipasang ke partisi harddisk yang telah Anda tentukan. Proses pemasangan memakan waktu sekitar 5 sampai 30 menit, tergantung dari kecepatan komputer Anda


[Pemasangan berhasil]
Selamat! Proses pemasangan telah berhasil dilakukan. Jika Anda ingin tetap lanjut menggunakan Live CD, klik tombol [>Lanjut Pengecekan<]. Jika tidak, klik tombol [>Restart sekarang<] untuk menghidupkan ulang komputer.
Pada saat pertama kali menghidupkan komputer, Anda akan melihat menu sistem operasi yang bisa Anda jalankan. Jika Anda ingin menggunakan BlankOn, Anda bisa memilih pilihan paling atas menggunakan tombol arah panah, dan tekan tombol Enter. Jika Anda tidak memilih sistem operasi apapun, 5 detik kemudian otomatis komputer melakukan booting ke sistem operasi BlankOn 6.0 Ombilin.

Dan inilah hasilnya...SELAMAT Mencoba.!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingin Aplikasi dan Game ANDROID untuk HH kamu?

KLIK : http://adf.ly/DSbul

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch
The next version of Ubuntu is coming soon

The Ubuntu Counter Project - user number # 34300
BLOG INI SEKEDAR CATATAN BIAR GAK HILANG DAN LUPA. Seluruh isi Blog bebas Etika Copy/Paste. Silahkan COPY - PASTE seluruh isi ARTIKEL dengan bebas. Karena begitu indahnya berbagi informasi.mohon maaf bagi Blogger yang secara sengaja artikelnya saya "bajak" semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak ^^

masukkan alamat email anda:

Untuk belangganan ArtikelTerbaru


suryo basuki blog

suryo on Plurk

free counters

Arsip Blog